3

Kamis, 17 Februari 2011

0 Cara membuat Program menjadi Portable


Ultimate Packer for eXecutablesYuk buat sendiri program portable, Program portable biasanya saya simpan di usb flashdisk, kegunaan program yang telah dibuat portable ini, kita ngga perlu menginstall di setiap komputer yang akan kita jalankan programnya, karena file2nya telah di paket bersama didalam satu file eksekusi, untuk ini saya akan menggunakan program gratisan dari upx, dan aplikasi yang akan saya buat menjadi portable ialah ccleaner yg dapat di download disini. Yuk Mulai…, Langkah2nya:
  1. Download UPX (Ultimate Packer for eXecutables) Disini
  2. Download ccleaner installernya Disini
  3. Extrack lah program UPX tadi, misalkan kita simpan di direktory C:\Download, untuk ccleanernya silahkan di install seperti biasa, baik di mesin sendiri ataupun di mesin virtual machine kesukaan kita.
4. Sesudah selesai proses instalasi aplikasi ccleanernya. lalu jalankan aplikasi UPX, klik 2x nama file “UPXALL Windows.bat” dan jendela cmd akan terbuka, masukkan lokasi file ccleaner tadi yang telah kita install, dalam hal ini di “C:\Program files\ccleaner\ccleaner.exe” kedalam jendela UPX tadi, atau tarik ajah file ccleaner.exe tadi dan letakkan di jendela UPX. lalu tekan Enter, kemudian pilihlah opsinya, dalam hal ini saya memilih opsi yang pertama, tekan enter 2x dan selesailah proses pembuatan aplikasi portable kita. file ccleaner.exe tadi bisa dijalankan di usb flashdisk tanpa harus menginstallnya. Selamat mencoba.

Cara lain yaitu dengan memakai perangkat lunak yang bernama VMware ThinApp
VMware ThinApp atau dikenal juga dengan nama Thinstall dapat membuat perangkat lunak / program kita menjadi portabel, portabel artinya kita tidak perlu menginstall lagi program tersebut dikomputer sebelum kita dapat menjalankannya, cukup dengan mengeksekusi filenya ( file .exe tunggal ) dan otomatis sudah dapat kita pakai tanpa capek2 lagi menginstallnya terlebih dahulu di komputer.

Yang perlu disiapkan:
  1. Sebuah mesin virtual dengan os windows XP atau Vista ( dianjurkan memakai windows XP ), mesin virtual disini bisa dipakai microsoft virual pc ataupun virtualbox ( Sun Virtualbox ).
  2. VMware Thinapp (Thinstall)
Oke, sekarang langkah2nya:
  1. Installah Windows XP di Virtual Machine yang telah kita buat.
  2. Install VMware Thinapp (Thinstall).
  3. Jalankan “Setup Capture”.
  4. Sekarang install program yang akan kita buat menjadi portable seperti biasa, jikalau diperlukan booting ulang, tidak mengapa, boot ulang untuk melanjutkan proses penginstallan.
  5. Jalankan kembali program VMware Thinapp tadi ( mungkin sudah terbuka ), klik next. kita akan ditunjukkan opsi2 seperti metode kompresi dan apakah akan disimpan ke usb flashdisk atau network, pilih sesuai keinginan.
  6. Setelah selesai tinggal kita klik tombol “Build now” untuk membuat program menjadi portabel. Klik tombol “Browse Project” untuk melihat hasilnya, tinggal copy file .exe tadi ke flashdisk, dan jalankan sebagai program portable. ( di direktory “BIN” ).
Download VMware Thinapp ( Thinstall ) v4.0.0.200 link dibawah ini:

Adapun aplikasi gratisan yang pernah saya coba yaitu Cameyo, berikut cara membuat program / software menjadi portabel dengan memakai perangkat lunak yang bernama Cameyo:
  1. Download / unduh sofwer Cameyo kemudian install lah.
  2. Jalankan program Cameyo kemudian klik “Capture software installations”
  3. Kemudian install lah program yang akan kita buat menjadi portabel ( Seperti browser Opera, dll).
  4. Setelah proses peng-installan program selesai ( Seperti browser Opera, dll, jika diperlukaan re-boot, boot ulang seperti biasa), kemudian klik tombol “Install Done”.
  5. capture using cameyo
  6. Cameyo akan mulai membuat program anda menjadi portabel, dan siap di masukkan ke flashdisk.
Download Cameyo:

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "