3

Jumat, 11 Oktober 2013

6 SEJARAH SOFTWARE APLIKASI

IKSAN-EFENDI selamat malam gan,ane hadir lagi dengan postingan baru,.masih bertajuk Tugas kampus Part II.hehe.agan semua tau gak kalo aplikasi/software yang agan instal di PC agan itu ada sejarah berdirinya low.ane mau share pada agan semua sejarah munculnya software aplikasi yang agan biasa instal di PC/lepi agan semua.
Pada perkembangan aplikasi masa kini kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
PERANGKAT LUNAK SEBELUM  KOMPUTER GENERASI PERTAMA
                300 SM. Sistem Kode yang Pertama
Bangsa Yunani menggunakan sinyal obor untuk mengirimkan berita dari satu kota ke kota lain. Untuk masing-masing stasiun didirikan dua buah tembok setinggi 6 kaki dan masing-masing mempunyai 5 obor. Kombinasi obor yang ada di tembok pertama dengan yang ada di tembok kedua membentuk suatu huruf. Tiap stasiun mempunyai tabel berbentuk matriks 5 baris 5 kolom. Tembok di sebelah kanan mewakili baris dan tembok di sebelah kiri mewakili kolom. Perpotongan antara baris dan kolom membentuk kode huruf yang dimaksud. Sistem ini disebut dengan polybius telegraph.
                1842, Penulis Perangkat Lunak yang Pertama
Ada Augusta (1815 – 1852), anak perempuan dari seniman Lord Byron merupakan anak pertama  yang menulis perangkat lunak yang diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine. Nama Ada sekarang diabadikan pada nama sebuah bahasa komputer yaitu ADA. Pada tahun 1983 ADA merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika  Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan.
                1933, Program Mekanik yang Pertama
Wallace J. Eckert (1902 – 1971) mengabungkan beberapa mesin akuntansi plong IBM yang berbeda. Untuk menjalankan mesin ini sebagai satu kesatuan, Wallace J. Eckert membuat suatu program mekanik yang mengontrolnya.
                1945, Kutu yang Pertama
Sewaktu mengembangkan komputer Harvard Mark II oleh tim yang dikepalai oleh Grace Hopper, suatu relay ditemukan rusak. Di dalam relay yang rusak ditemukan adanya sebuah bug (kutu) yang terjepit mati. Mulai saat itu bila komputer tidak bekerja atau suatu program komputer mengalami kesalahan, para ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging.



Teori pertama tentang Software Komputer diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi dengan aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem . Istilah “Software” istilah pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada tahun 1958..  bahasa sehari-hari, istilah ini sering digunakan untuk berarti Software aplikasi. Dalam ilmu komputer dan rekayasa Software, Software adalah semua informasi diproses oleh program sistem komputer, dan data. Di bidang akademik mempelajari Software yang ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak.
Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, danModern.
Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer:
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Sejak beredarnya komputer personal, telah ribuan macam perangkat lunak untuk bermacam keperluan aplikasi tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para pemakai komputer
Michael Shrayer memperkenalkan suatu program pengolah kata (word processor) yang diberi nama Electric Pencil. Program ini pada mulanya hanya untuk komputer mikro ALTAIR saja tetapi dikembangkan ke jenis mikro komputer lainnya dan untuk sejumlah alat cetak semuanya sampai 78 versi.
John Barnaby menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour Rubinstein yang dikenal dengan nama Word Star dan langsung sukses dipasaran dengan nama Micropo. Beberapa versi yang beredar diantaranya Word Star Rel. 3.4, Word Star Professional Release 4.0, Word Star 2000+ dan sebagainya
Apple Writer juga merupakan program paket pengolah kata yang laris terjual yang ditulis oleh Paul Lutus. Beliau merupakan programmer yang independent, tidak mau tergantung atau terikat dengan proyek orang lain.
Pada tanggal 11 Mei 1979 West Coast Computer Faeri memperkenalkan paket program spread sheet pertama dengan nama VisiCalc (Visible Calculator) yang ditulis untuk komputer Apple. Paket ini mudah dijalankan dan banyak digunakan untuk analisa bisnis. Perangkat lunak ini dibuat oleh Daniel Bricklin dan Robert Frankston.
Wayne Ratliff, ahli teknik NASA menulis suatu program aplikasi bisnis dengan nama Vulcan, tetapi tidak sukses. Sementara itu George Tate bekerja sama dengan Hal Lashlee menjalin kerjasama untuk memasarkan Vulcan dengan mengganti namanya menjadi DBase II yang dipasarkan tahun 1981 dengan nama perusahaannya Ashton-Tate. Perangkat lunak ini merupakan paket DBMS (DataBase Management System) yang mempunyai bahasa tingkat tinggi


Merupakan suatu program paket yang berisi gabungan program-program spreadsheet, grafik dan kemampuan mendapatkan informasi. Dipromosikan pada akhir tahun 1982. LOTUS 1-2-3 ditulis oleh Mitchell Kapor dari Yale University tahun 1971

Microsoft Office adalah kumpulan program serta file lain yang bekerja bersama-sama. Versi standar dari Office mencakup empat aplikasi unggulan dari Microsoft, yaitu :
WORD
Pengolah kata lengkap yang dapat Anda gunakan untuk membuat surat, memo, laporan dan semua jenis dokumen lainnya
EXCEL
Program lembar kerja (spread sheet) yang memungkinkan Anda mengatur, menganalisis dan membuat grafik untuk informasi
POWERPOINT
Program grafik presentasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat slide, transparansi, overhead, handout dan catatan (note)
MAIL
Aplikasi surat menyurat yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima berita elektronik
 Microsoft Office juga tersedia dalam versi professional yang mencakup ACCESS, yakni program relasional database yang berdaya guna.

terima kasih telah berkunjung ke blog ane,sekian postingan dari ane


Sumber disini dan sini

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice share tuh gan,
Mantaf bangeet

efendi mengatakan...

Thanks gan,n trim udh kunjung

Anonim mengatakan...

Bro,postingan yang bagus,
update terus postingan yha.

efendi mengatakan...

Iya gan,insya allah,,
N trims udh kunjung

Anonim mengatakan...

Gaan,share bagus,kebetulan,ane lagi cari materi tntang ini,
Thanks

efendi mengatakan...

Iyha gan,thanks yha udah kunjung,kunbal siap meluncur

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "