3

Kamis, 24 Oktober 2013

7 Komponen dalam flashdisk



IKSAN-EFENDI .Selamat sore gan,ane mau share nich bagian’ dari flashdisk yang perlu agan ketahui,ane share ni posting masih berada dalam porsi tugas kuliah loh gan,.dari dosen ane,
Yaaah,kenapa tidak,udah punya blog juga udah lama ane, buat apa kalo ga di isi sama di samperin per pagenya, xixixixi.langsung aja,ga usah basa basi.


Falshdisk -Jaman sekarang semua orang hamper memiliki flashdsk,apalagi seperti ane seorang mahasiswa,tentunya wajib bukan,.Flashdisk adalah sebuah Pheriperal atau accecoris computer yang berfungsi untuk menyimpan dengan kapasitas yang berbeda-beda. Sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. media penyimpan ini umumnya mempunyai kapasitas memori 128 MB s/d 64 GB, dengan menggunakan interface jenis USBC (Universal Serial Bus), sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 96 x 32 mm dan pada bagian belakang bentuknya agak menjurus keluar, digunakan untuk tempat penyimpanan baterai jenis AAA dan LCD (Untuk Fitur MP3, Voice Recording dan FM Tuner) dan terdapat port USB yang disediakan penutupnya yang berbentuk sama dengan body utamanya.

Komponen flashdisk :
1.            Konektor  : yang memiliki tugas menghubungkan USB flashdisk anda ke komputer lewat USB port dan USB hub. Konektor adalah bagian dari flashdisk yang sangat mudah rusak : berkarat, kotor dan patah. Sebab posisi yang ada diluar dan “jembatan” yang menghubungkan flashdisk dengan port komputer.
2.            Board (Printed Circuit Board) : sebagai tempat untuk semua komponen flasgdisk dipasang. Ukurannya semakin kecil bisa membuat memori kecil pula.
3.            Osilator kristal : menghasilkan denyut listrik (clock). Frekuensi yang dihasilkan adalah 12Mhz.
(komponen elektronik digital juga harus memakai Osilator  kristal agar bisa bekerja dengan perangkat lain)
4.  Chip flash memory
5.  LED
6. Write-protect switch
Clock yang berasal dari komponen ini berguna untuk mengirimkan dan menerima data dari flashdisk menuju komputer atau disk drive begitu pula sebaliknya.
1.            Kontroler : sama fungsinya dengan mikrokontoler yang mempunyai RAM dan ROM. Tujuan untuk memproses segala macam perintah dari komputer serta mengatur memori dalam menyimpan data. Selain itu jg sebagai pusat informasi yang memberitahukan kepada komputer bahwa device yang disambungkan merupakan flashdisk.
2.            Flash memory : berfungsi untuk menyimpan data. Umumnya menggunakan NAND flash memory. Flash memori diciptakan oleh Dr. Fujio Masuoka.
Pemberian nama flashdisk alasannya, data yang terdapat pada flashdisk bisa dihapus dengan mudah dan cepat. Flash memori merupakan komponen yang terciptanya flashdisk.
CARA KERJA FLASHDISK
konektor pada ujung flasdisk yang digunakan untuk menghubugkan flashdisk ke dalam port USB pada laptop / PC dan kemudian Di akses oleh sistem operasi kemudian OS mendeteksi adanya media penyimpanan baru , kemudian flashdisk menjalankan pengontrol penyimpanan memory yang bertujuan untuk menjaga kestabilan perangkat, seperti arus listrik yang keluar dan masuk. Kemudian ada terdapat Point test yang difungsikan selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprosessor. Chip yang digunakan untuk menyimpan data di alam flshdisk. Beberapa tipe flashdisk menggunakan lampu indikator yang berfungsi sebagai tanda bahwa flasdisk sedang melakukan pentrasferan data atau tidak, Jika pentransferan data telah selesai, maka lampu indikator akan selesai berkedip.


Flashdisk merupakan media penyimpanan dengan ukuran kecil sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana. Meskipun ukurannya yang kecil flashdisk juga memiliki kapasitas yang lumayan besar untuk menyimpan data, kapasitas yang tersedia mulai dari 64 MB hingga 512 GB, bahkan kini telah ada flashdisk dengan kapasitas 1 TeraByte atau setara dengan 1.000 GB. Flashdisk memiliki penghubung USB (Universal Serial Bus), yang dihubungkan ke laptop atau komputer.  Dengan ukuran yang kecil flashdisk dapat menyimpan, menghapus, atau mengganti data dengan cepat.
Bagian-bagian flashdisk pada umumnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

1.      Sambungan USB
2.       Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3.      Point test (Titik-titik percobaan)
4.       Chip flash memory
5.       Oscillator kristal
6.       LED (Lampu indikator)
7.      Write-protect switch
8.       Ruang kosong untuk chip flash memory kedua
­­­ Sekian postingan ane tentang flashdisk yang biasa kita gunakan, selamat berkunjung dan semoga bermanfaat

7 komentar:

Anonim mengatakan...

nice share gan

Anonim mengatakan...

mantaf post gan

efendi mengatakan...

iyha gan..thanks dh kunjung

toko penjual ace maxs mengatakan...

baru tau dalem nya ternyata gak terlalu rumit

Andrekocak Blog mengatakan...

mantap gan :D

Anonim mengatakan...

WOW...MAKASIH SAYA MENJADI MENAMBAH ILMU THANKS...... SEMANGATTT

efendi mengatakan...

oke gan,thanks dh kunjung

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "