3

Jumat, 11 Oktober 2013

2 Dasar Teknologi Informasi

IKSAN-EFENDI selamat siang agan-agan setia pengunjung blog ane,blog tercinta effenddi.blogspot.com.
hehe.
lama tak update posting yha,maklum sob,mahasiswa baru,tugas numpuk,jadi ga sempet update,hehe,
kali ini saya akan share beberapa posting tentang Teknologi Informasi.

menurut Martin (1999).Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer(perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi informasi dan mengirimkan informasi

Teknologi informasi yang telah dijelaskan diatas, terlihat bahwa teknologi informasi menyangkut gabungan 2 teknologi diantaranya teknologi informasi dan teknologi komunikasi, adapun penjelasan dari 2 teknologi yang mendasari teknologi informasi tersebut adalah sbb.

1. Teknologi komputer
Adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM.
2. Teknologi komunikasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon, radio, televisi.


2. Klasifikasi Teknologi Informasi

Sistem dikelompokkan menjadi beberapa klasifikasi.
1. Berdasarkan fungsinya
Embaded IT yaitu Sistem Informasi yang melekat pada produk lain.
Dedicated IT sistem yaitu Sistem Informasi yang dirancang untuk melakukan tugas - tugas khusus contoh ATM.
General Purpose IT System yaitu Sistem Informasi yang dapat untuk melakukan aktifitas yang bersifat umum.
2. Menurut Ukuran
Super Komputer
Main Frame
Mini Komputer
Work Station
Mikro Komputer
Mikro Kontroler

3. Komponen Sistem Teknologi Informasi

Hardware terdiri dari komputer, peripheral dan jaringan
Software merupakan kumpulan instrusi/fungsi yang ditulis dengan aturan yang benar untuk memerintahkan computer melaksanakan tugas tertentu
Data, komponen dasar dari informasi yang nanti akan diolah untuk menghasilkan suatu informasi.
Manusia, orang yang terlibat dalam suatu informasi seperti operator, pemimpin system informasi, sehingga hal itu akan memerlukan rincian tugas yang jelas.
Procedure, termasuk dokumentasi procedure system

4. Fungsi Teknologi Informasi

1. Capture
Proses pengambilan data-data yang dapat dijadikan informasi.
2. Processing
Proses pengolahan pengorganisasian data-data sehingga dapat dijadikan suatu informasi
3. Generating
Hasil dari data yang sdah diproses merupakan dapat ditampilkan sebagai informasi, proses ini dinamakan dengan generating
4. Storage
Proses menyimpan informasi
5. Retrieval
Proses pencarian informasi yang sudah disimpan
6. Transmission
Proses transmisi informasi yang ada.


5. Keuntungan TI
Salah satu keuntungan utama TI adalah bahwa perusahaan sekarang mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan cepat untuk semua organisasi, nasional, dan bentuk internasional (James Taylor, 2004). Dengan kemampuan penemuan baru ini, tiap-tiap perusahaan mempunyai kesempatan untuk membuat proses manajemen mereka yang lebih efisien dan efektif. Sangat disayangkan, banyak bisnis yang tidak mempunyai keahlian atau kecenderungan budaya untuk membuat perubahan yang diperlukan. Ini merupakan suatu tantangan utama untuk menyesuaikan manajemen dan proses pendukung untuk bisa menerima seiring dengan perubahan TI
.

6. Pemanfaatan TI dalam kehidupan sehari-hari

a) Di rumah
Keberadaan komputer pribadi di rumah (Home PC) memberikan manfaat yang cukup banyak misalnya untuk membantu sesorang melakukan hobinya (misalnya games), membantu melakukan pekerjaan kantor dirumah (bahkan dengan bantuan komputer, rumah bisa menjadi kantor untuk bekerja), membantu kita melakukan proyek-proyek kecil bersama keluarga, membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah.

b) Dunia kerja dan pendidikan
Dunia kerja adalah yang mungkin mendapatkan manfaat paling besar dari TI. Apalagi saat ini sudah berkembang yang namanya mobile technology , seperti PDA (Personal Digital Assistant), laptop, handphone, dan sebagainya yang memungkinkan informasi dapat diakses oleh orang yang sedang dalam perjalanan. Dunia pendidikan tidak terlepas dari TI. Bahkan awal mula perkembangan komputer dan Internet dewasa ini adalah fakta dari riset-riset yang dikerjakan oleh kalangan akademisi. Saat ini pendidikan juga membutuhkan TI yang sama besarnya seperti kalangan dunia kerja. Dunia pendidikan berkaitan erat dengan informasi dengan pengetahuan. Karena itu akses yang mudah kepada informasi dan pengetahuan menjadi sangat penting.

c) Pelayanan masyarakat
Dengan adanya TI pelayanan masyarakat dapat dibantu agar lebih singkat dan mudah. Misalnya pelayanan antrian di kasir di supermarket dapat dipercaya dengan bantuan komputer untuk melakukan perhitungan harga barang yang dibeli konsumen. Pelayanan pembayaran pajak, telepon, listrik, atau air dikantor-kantor yang bersangkutan dapat dipercepat dengan bantuan komputer. Pelayanan pembuatan KTP dan SIM dapat dipersingkat dengan bantuan aplikasi komputer.

sekian postingan ane tentang dasar teknologi.

sumber disini

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Niece info. ...
Gan boleh di kompas ndak ????

efendi mengatakan...

owww..boleh aja gan,,asal di cantumkan sumbernya ya gan..
thanks dah kunjung.. :)

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "